SUPERVISI PENDIDIKAN (Cundata Insan Wijasa)

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Meski di Negara-negara lain penerapan konsep Desentralisasi pendidikan telah membawa kemajuan bagi Negara dan bangsa itu sendiri, khususnya kemajuan pendidikan Negara tersebut , tetapi penerapan konsep desentralisasi pendididkan di Indonesia tidak akan ikut serta merta membawa kemajuan sekolah. Adapun yang membawa kemajuan sekolah adalah system yang dijalankan di masing-masing sekolah itu sendiri. Sekolah diberikan kewenangan/kemandirian dalam mengatur dan mengurus kepentingan warga sekolah sesuai peraturan perundang-undngan yang berlaku. Oleh karena itu bersamaan dengan pendekatan kurikulum baru dengan siatem KTSP.

Penerapan MBS sebagai model manajemen dan pelaksanaan pembelajaran system KTSP yang member otonomi yang lebih besar kepada sekolah dan mendorong  pengambilan keputusan secara demokratis yang melibatkan langsung semua warga sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional. Disamping itu mulai tahun pelajaran 2007/2008 diterapkan KTSP untuk kelas I dan IV,   dan tahun ajaran 2008/2009 diterapkan KTSP untuk kelas II dan kelas V, sedangka tahun pelajaran 2009/2010 diterapkan KTSP untuk kelas III dan kelas VI.

Berdasarkan uraian diatas dengan memperhatikan potensi kondisi sekolah, social ekonomi masyarakat, serta prediksi kedepan, maka sekolah dasar negeri 3 senepo kecamatan slahung kabupaten ponorogo menyusun rencana program kepala sekolah tahun 2009/2010 berorientasi pad konsep MBS dengan pendekatan kurikulum KTSP dalm rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan.

B. Rumusan masalah

Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana seorang supervisor dalam melakukan ataupun merencanakan program di sekolah tersebut?
  2. Bagaimana seorang supervisor dalam mengidentifikasi tantangan-tantangan nyata dalam sekolah tersebut?
  3. Bagaimana seorang supervisor dalam merancang sasaran tujuan situansional?
  4. Bagaimana supervisor mengidentifikasi fungsi-funngsi yang diperlukan disetiap sasaranya?
  5. Bagaimana seorang supervisor dalam menentukan alternative atau langkah-langkah pemecahan persoalan atau sebuah masalah?
  6. Bagaimana supervisor menentukan rencana dan program pelaksanaan dalam sekolah tersebut?

C. Tujuan penulisan

Dari rumusan masalah diatas dapat disimpulkan tujuan dari penulisan laporan observasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui seorang supervisor dalam melakukan atau pun merencanakan program-programnya di sekolah tersebut.
  2. Untuk mengetahui seorang supervisor dalam mengidentifikasi tantangan-tantangan nyata dalam sekolah tersebut.
  3. Untuk mengetahui seoarang supervisor dalam merancang sasaran tujuan situansional.
  4. Untuk mengetahui Bagaimana supervisor mengidentifikasi fungsi-funngsi yang diperlukan disetiap sasaran kegiatannya.
  5. Untuk mengetahui supervisor dalam menentukan alternative atau langkah-langkah pemecahan persoalan atau sebuah masalah dalam sekolah tersebut.
  6. Untuk mengetahui seoarang supervisor menentukan rencana dan program pelaksanaan dalam sekolah tersebut.

 

BAB II

PEMBAHASAN

A. Rencana Program dan Pengembangan sekolah

Supervisi menurut bapak Suyono selaku kepala sekolah SD N 3 Senepo adalah suatu kegiatan atau serangkaian kegiatan kepala sekolah untuk membantu guru dalam mengembangkan kemampuaannya dalam mengelola ataupun memberiakan pelajararan demi untuk tercapainya tujuan pengajaran yang maksimal dan dimengerti oleh siswanya yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional

  1. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

Visi sekolah Dasar Negeri 3 senepo adalah “MEMBENTUK MANUSIA BERTAQWA, CERDAS, DAN TERAMPIL”. Untuk menghindari agar tidak salah tafsir terhadap visi sekolah tersebut, untuk dijabarkan indicator-indikator sebagai berikut:

  1. Unggul dalam aktifitas pengalaman agama.
  2. Berkepribadian dan berbudi pekerti luhur.
  3. Berprestasi dalam bidang akademik maupun akademik.
  4. Peka dan terampil dalam segala kehidupan yang positif.

Berdasarkan visi sekolah diatas, maka Misi Sekolah Dasar Negeri 3 senepo adalah:

  • Menanamkn keyakinan atau akidah melalui pengamalan ajaran agama islam.
  • Mengoptmalkan proses pembelajaran dan bimbingan yang bernuansa PAKEM.
  • Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK, bahasa, olah raga, dan seni budaya sesuai dengan bakat, minat dan potensi siswa.
  • Menjalin kerja sama yang harmonis antara sekolah dengan lingkungan.

Sedangkan tujuan Sekolah Dasar Negeri 3 Senepo berdasarkan visi dan misi seklah tersebut diatas maka tujuan sekoalah dasar negeri 3 senepo sampai tahun 2015 adalah sebagai berikut:

  1. 75% lulusan dapat masuk SMP Negeri Faforit.
  2. Nilai rata-rata ujian mencapai 7.5.
  3. Lulusan yang beragama islam sudah dapat:

1). Sholat wajib lima wakt dengan tertib dan khusuk

2). Membaca dan menulis Al Quran dengan betul

3). Memiliki keimanan dan kemampuan untuk melaksanakan rukun islam yang ke 1,2 dan 4 secara khusuk.

d.   Mampu meraih prestasi akademik atau non akademiktingkat kabupaten.

B. Identifikasi Tantangan Nyata

Berdasarkan tujuan yang akan dicapai dan kondisi riil saat ini maka tantangan nyata SDN 3 Senepo dapat di identifikasi sebagai berikut:

  1. Pola rekrutmensiswa baru belum menggunakan system test
  2. Siswa baru kelas 1 belum semuanya lulus TK.
  3. Lokasi SD sulit ditempuh terutama musim penghujan.
  4. Sebagian pengajar belum memenuhi standard yang dibutuhkan.
    1. Belum adanya tenaga tata usaha, sehingga semua guru mempunyai pekerjaan ganda.
    2. Belum adanya guru khusus ahli kertakes, dan guru ahl TIK.
    3. Pembelajaran system PAKEM belum dapat dilaksanakan secara maksimal.
    4. Secara pro aktif sarana pendidikan belum memadai.
    5. Program Ekstra Kurikulum belum berjalan dengan baik.
      1. Sebagian besar siswa berasal dari keluarga kurang mampu baik ekonomi maupun pendidikannya, dan jarak tempuh siswa kesekolah sebagian besar lebih dari 3 km.

C. Sasaran Tujuan Situansional

Untuk mencapai tujuan sekolah sampai tahun 2015 maka tahun ajaran 2009/2010, sasaran yang ingin dicapai SDN 3 Senepo sebagai berikut:

  1. 100% lulusan mau melanjutkan ke SMP atau sederajat, dan 50% dapat diterima  di SMP faforit.
  2. Nilai rata-rata ujian kelas VI diatas 6,5
  3. Berpartisipasi dalam LMP akademik atau non akademi minimal tingkat kecamatan.
  4. Lulusan siswayang beragama islam dapat :
    1. Sholat dengan baik dan benar
    2. Membaca AL Quran dengan baik dan benar
    3. Mempunyai aklak dan budi pekerti yang baik.
    4. Mau dan mampu melaksanakan rukun islam minimal rukun islam minimal rukun 1,2, dan 4.

D. Identifikasi fungsi-fungsi yang diperlkan disetiap sasaran

Berdasarkan pengalaman dan evaluasi dari dapat di identifikasikan bahwa fungsi yang berperan untuk mencapai sasaran 1,2,3,4 adalah fungsi proses pembelajaran yang didukungan  oleh fungsi ketenagaan, sarana dan prasarana belajar, serta biaya yang tersedia.

Fungsi ktenagaan, sarana dan prasarana belajar serta biaya yang tersedia.

E. Alternatif Langkah-langkah Pemecahan persoalan 

Berdasarkan analisis selanjutnya untuk mengatasi kelemahan pada  analisis yang telah dilakukan beberapa langkah alternative sebagai berikut:

  1. Pengikut sertakan dalam KKG, KKKS, Work Shop.
  2. Mengikuti program pelatihan (DIKLAT) dan program servis training lainnya.
  3. Pembentukan kelompok belajar terbimbing bagi siswa.
  4. Memfasilitasi dan mendorong guru untuk melanjutkan studinya.
  5. Mningkatkan sarana dan prasarana pendidikan.
  6. Peningkatan pelayanan perpustakaan.
  7. Peningkatan peran serta orang tua siswa dan masyarakat terhadap sekolah.
  8. Mengangkat guru honorer (GTT).
  9. Memaksimalkan pemanfaatan jam efektif dan mengadakan jam tambahan belajar.
  10. Meningkatkan kesejahteraan guru.

F. Rencana dan Program pelaksanaan

Berdasarkan langkah-langkah pemecahan persoalan SDN 3 Senepo bersam dengan komite sekolah membuat rencana dan program untuk pencapaian sasaran tujuan yang ingin dicapai sebagai berikut:

Sasaran I: Meningkatkan keikutsrtaan dalam KKG,KKKS, dan Work Shop

Rincian program:

no

Uraian program

frekuensi

1.

2.

3.

4.

Menyusun strategi pembelajaran efektif.

Membahas dan mencari pemecahan masalah.

Membantu guru dalam memecahkan masalah.

Membahas hasil (PTK) penilaian tindakan kelas.

1 bulan 1X

1 bulan 1X

1 bulan 1X

1 bulan 1X

Sasaran II : Mengikuti program pelatihan (DIKLAT)

Rincian program:

no

Uraian program

frekuensi

1.

2.

3.

Kerja sama dengan gugus sekolah/dinas untuk mengadakan pelatihan/penataran

Mengikuti program latihan yang relevan, misalnya seminar, symposium dan lain-lain

Mengikuti studi banding ke sekolah dikota lain

1 tahun 1X

1 tahun 1X

1 tahun 1X

Sasaran III : pembentukan kelompok belajar terbimbing

Rincian program:

no

Uraian program

frekuensi

1.

2.

3

4

5

Membentuk kelompk belajar

Menyusun jadwal bimbingan dan lokasinya

Bimbingan siswa dan belajar kelompok

Melakukan evaluasi hasil belajar kelompok

Mengadakan tambahan jam pelajaran

1 tahun 2X

1 tahun 2X

1 bulan 2X

1 semster 2X

1 minggu 2 X

Sasaran IV : memfasilitasi dan mendorong guru untuk melanjutkan studinya

Rincian progam:

no

Uraian program

frekuensi

1

2

Member dorongan guru untuk melanjutkan ke D2 dan SI

Membri kemudahan izin belajar

Setiap diperlukan

Setiap diperlukan

Sasaran V : Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan

Rincian program;

no

Uraian program

frekuensi

1

2

3

4

5

Memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak

Menambah sarana dan prasarana yang belum lengkap

Mengadakan sarpras yang belum ada

Memanfaatkan sarpras dengan sebaik-baiknya

Melaksanakan bantan rehap gedung

1 tahun 2X

1 tahun 2X

1 tahun 2X

Setiap saat

3 ruang

Sasaran VI : meningkatkan pelayanan perpustakaan

Rincian program:

no

Uraian program

frekuensi

1

2

3

4

Mengidentifikasi kebutuhan buku siswa dan guru

Mengadakan buku-buku yang diperlukan

Melayani penggunaanbuku kepada siswa

Member dorongan minat baca kepada siswa

1 tahun 2X

1 tahun 2X

1 tahun 2X

Setiap saat

Sasaran VII: meningkatkan peran serta orang tua dan masyarakat

Rincian program:

no

Uraian program

frekuensi

1

2

3

Mengadakan sosialisasi tentang KTSP, BOS dan penghapusan BP3 kepada wali murid dan komite

Mengadakan rapat wali muriddan komite sekolah

Membuka koordinasi antara sekolah dengan wali murid

 1 tahun 1X

1 tahun 2X

Setiap saat

Sasaran VIII: mengangkat guru honorer

Rincian progam:

no

Uraian program

frekuensi

1

2

Mengangkat guru honorer untuk melengkapi guru kelas

Mengusahakan honor bagi GGT

5 orang

Setiap bulan

Sasaran IX: memaksimalkan pemanfaatan jam efektif dan mengadakan jam pelajaran tambahan

Rincian program:

no

Uraian program

frekuensi

1

2

Memperpendek waktu istirahat (istirahat 1X)

Mengadakan jam tambahan menjelang akir semester

Setiap hari

Seminggu 2X untuk 2 bulan tiap semester

Sasaran X: meningkatkan kesejahteraan guru

Rincian program:

no

Uraian program

frekuensi

1

2

Memberikan honor transport kepada guru

Mengajukan insentip untuk guru SD terpencil

Setiap kegiatan sekolah

Setiap tahun

BAB III

PENUTUP

  1. A.    Kesimpulan

SD N 3 Senepo memiliki Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Visi sekolah Dasar Negeri 3 senepo adalah “MEMBENTUK MANUSIA BERTAQWA, CERDAS, DAN TERAMPIL”.

Berdasarkan visi sekolah diatas, maka Misi Sekolah Dasar Negeri 3 senepo adalah:

  • Menanamkn keyakinan atau akidah melalui pengamalan ajaran agama islam.
  • Mengoptmalkan proses pembelajaran dan bimbingan yang bernuansa PAKEM.
  • Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK, bahasa, olah raga, dan seni budaya sesuai dengan bakat, minat dan potensi siswa.
  • Menjalin kerja sama yang harmonis antara sekolah dengan lingkungan.
  1. B.     Saran/Tanggapan

Berdasarkan opservasi ini saya sangat berharap agar pemerintah lebih memperhatikan pendidikan di Negara Indonesia ini meskipun sekolah tersebut terletak didaerah terpencil sekalipun. Dan harapan saya kedepan pendidikan di Indonesia ini bisa lebih maju dengan tenaga pendidik yang berkualitas dan juag SDM yang bermutu.

Posted on Mei 7, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: